jump to navigation

Panen Raya Desa Maduran 23 Februari 2012

Posted by Cah Maduran in Desa Maduran, Pertanian.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Pada minggu-minggu ini, warga petani penggarap sawah di Desa Maduran sedang disibukkan dengan panen raya padi. Jika di rata-rata tiap sepertujuh hektare (petakan bumi 100) dihasilkan padi 8 kwintal (0.8 ton) sampai dengan 12 kwintal (1.2 ton) gabah atau sekitar 5.6 ton hingga 8.4 ton per hektare. Yah, hasil yang lumayan melimpah..

Harga jual gabah (langsung dari sawah) ketika di awal-awal panen raya mencapai Rp. 320.000 per kwintal, dan terus menurun hingga Rp. 300.000 per kwintal sampai dengan minggu ini. Para petani yang masih menunggu giliran para ‘pasukan orog‘ bekerja memanen padi mereka sudah khawatir harga padi akan terus melorot.

Tentunya ini menjadi kewajiban pemerintah khususnya Pemkab Lamongan untuk mengendalikan harga gabah agar tetap stabil dan artinya tidak merugikan para petani. Para petani yang mengerjakan sawah dengan luas bumi 300 (3/7 hektare) atau kurang yang paling merasakan dampak ini. Biaya produksi untuk menanam padi sangat tinggi sehingga jika harga jual padi semakin turun, maka tidak diragukan lagi, para petani tersebut akan merugi karena biaya produksi lebih tinggi dari hasil panen yang didapatkan.

Desa Maduran merupakan desa yang sangat produktif dalam produksi padi. Desa ini dilintasi sungai Bengawan Solo sehingga sistem irigasinya sangat baik dan memadai. Area persawahan di Desa Maduran (umumnya di Kecamatan Maduran) bisa ditanami padi dan panen sebanyak 3 kali dalam satu tahun.

Kabupaten Lamongan sendiri merupakan kabupaten penghasil padi paling produktif kedua se Jawa Timur setelah Kabupaten Jember dan diikuti Kabupaten Bojonegoro. Kabupaten Lamongan dengan luas area panen 134,14 ribu hektar (7,04 persen) menjadi salah satu andalan Jawa Timur dalam menghasilkan komoditi beras (sumber BPS Jawa Timur/2010).

Padi yang siap dipanen...

Pasukan OROG sedang bekerja memanen padi...

Pasukan OROG dibantu para ibu-ibu....

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: