jump to navigation

Stop ! Jangan SMS-an Sambil Mengemudi 27 September 2011

Posted by Cah Maduran in Dunia Otomotif, Safety Riding.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

AYO INDONESIA BISA berubah menjadi lebih baik…

Kisah Nyata

Di Desa Karang Kecamatan Sekaran, di tahun 2010 pernah ada kejadian (aku lupa tanggal berapa), tetanggaku sendiri, seorang remaja putri asli dari Desa Maduran (nama dan alamat sengaja tidak disebutkan), mengalami kecelakaan tunggal, terjatuh dan tragisnya tubuhnya sulit dikenali karena hangus terbakar. Menurut beberapa saksi yang juga orang dari Desa Maduran, remaja putri tersebut sedang membawa bensin dalam jurigen (pulang dari kulakan di POM bensin di Desa Siman), dalam kondisi berkendara sepeda motor, remaja putri tersebut menyempatkan diri untuk SMS (entah itu menulis atau hanya membaca), akhirnya terjatuh, jurigen berisi bensin yang dibawanya ikut terjatuh tetapi tidak terlepas dari motornya, dan terbakar baik motor maupun tubuhnya. Darimana datangnya api yang memantik bensin tersebut tidak ada yang tahu, mungkin dari gesekan logam pada motor dengan aspal jalan raya.

Saksi yang juga orang dari Desa Maduran itu mengatakan bahwa mereka ikut terjatuh juga karena terkejut melihat di depannya ada seseorang mengalami kecelakaan, terjatuh dan tiba-tiba terbakar, beruntungnya kedua saksi tersebut selamat.

Data dan Fakta

Menurut sebuah lembaga peneliti di Amerika Utara NAPSI (North American Precis Syndicate), setiap tahun lebih dari 6.000 orang meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh terpecahnya konsentrasi mengemudi oleh telepon seluler, baik itu menelepon,membaca atau mengetik SMS atau membalas email.Dan data itu diperburuk dengan jumlah orang yang terluka karena menggunakan telepon seluler saat mengemudi mencapai 25.000 orang.

Di negara kita, Indonesia (baru di Jakarta), pelarangan penggunaan telepon saat menyetir kendaraan baru diterapkan pada Desember 2010. Bagi yang melanggar aturan tersebut dan tertangkap basah petugas polantas akan dikenakan denda Rp. 750.000 atau dikurung dalam penjara selama 3 bulan.

Bahaya SMS Sambil Mengemudi/Menyetir

Dulu sebelum ada telpon seluler (HP), tidak pernah kita temui ada orang melakukan komunikasi dengan telepon sambil mengendarai (menyetir) kendaraan, baik roda dua, roda tiga dan seterusnnya. Tetapi sekarang, ketika hampir semua lapisan masyarakat menggunakan HP, banyak sekali kita temui kasus di atas. Tidak peduli orang kaya, pengemis pun juga menggunakan HP, karena HP sekarang memang bukan barang mewah, tetapi barang yang relatif murah.

Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi tersebut, maka hampir setip sudut jalan akan kita temui orang menggunakan HP, entah itu menelpon, SMS atau mungkin hanya untuk dipegang-pegang. sambil menyetir kendaraan, bahkan lebih dari itu, mengetik sms.

Sepenting apapun urusan yang dibicarakan lewat telepon atau sms, apalagi hanya sekedar meng-update status FB, maka ketika sedang berkendara, menepilah di tempat yang tepat, aman dan tentunya tidak melanggar rambu lalu lintas, kemudian berhentilah, selanjutnya silahkan menelepon, atau membalas sms atau meng-update status  FB itu.

Ilustrasi Gambar dan Film Tentang Bahaya Mengemudi Sambil SMS

Sebuah film, yang digagas oleh dinas kepolisian di Inggris dan diproduksi untuk mengkampanyekan kepada masyarakat terutama remaja mengenai bahaya menggunakan HP dan ber-sms saat menyetir. Film ini diproduseri dan disutradarai oleh Peter Watkins-Hughes, seorang dosen dari Newport School of Art, Media and Design. Sedangkan pemerannya adalah siswi-siswi lokal sekolah tersebut. (beberapa adegan mungkin terlalu keras dan tidak cocok untuk anak-anak).

Klik untuk melihat Film Tentang Bahaya Mengemudi Sambil SMS

Ini gambaran bahaya sms sambil mengemudi (ilustrasi diambil dari http://malesbanget.com) :

AYO INDONESIA BISA berubah menjadi lebih baik…

(sumber dedenf.posterous.com)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: